Selasa, 10 April 2001

TV & PRODUCTION

“HEALTHY LIFE STYLE”

A. Design Brief
Prolog
Proyek ini kita kerjakan selain untuk memenuhi tugas sebagai syarat lulusnya mata kuliah tv dan film produksi juga sebagai bentuk nyata kepedulian kelompok kami sebagai mahasiswa London School Of Public Relations terhadap keselamatan dan kesehatan gaya hidup yang modern di kalangan anak muda di Jakarta.
Dalam era globalisasi, tingkat mobilitas dan gaya hidup modern semakin meningkat seiring dengan beragamnya tempat hiburan di Jakarta. Modernisasi telah mempengaruhi pola pikir dan gaya hidup yang semakin mengesampingkan Gaya hidup glamour dan mewah hanya untuk mempertahankan gengsi demi arti sebuah eksistensi di kalangan anak muda agar selalu di anggap dan menjadi bagian kelompok anak muda modern.Menghadiri ke semua pesta pesta anak muda Jakarta yang rata-rata di ruangan yang penuh asap rokok dan penuh dengan alkohol yang notabene dapat merusak kesehatan dan hanya untuk bersenang-senang. Semakin berlarut-larut dalam gaya hidup yang tidak sehat membuat masa depan sebagian anak muda semakin terancam.
Oleh karena itu rasa kepedulian kami sebagai kaum muda, direalisasikan dalam program film pendek yang kami produksi sendiri untuk memperlihatkan kepada masyarakat umum bahwa ada ajang pesta anak muda yang masih memperhatikan gaya hidup yang sehat yaitu tanpa asap rokok dan alkohol.







Title
Judul Acara : “ HEALTHY LIFESTYLE”
Tema : Gaya hidup yang bebas asap rokok dan alkohol
Proposal ringkas ini untuk memberikan gambaran secara garis besar mengenai program televisi berbasis dokumenter yang menggunakan investigasi, menayangkan kehidupan anak –anak muda di Jakarta yang modern.

Objective

Akar masalah dari adanya gaya hidup modern anak muda di Jakarta disebabkan oleh sikap skeptis di tengah masyarakat yang menganggap anak muda gaul Jakarta selalu indentik dengan rokok dan minuman alkohol. Film dokumenter ini ingin memperlihatkan kepada publik bahwa masih ada anak muda Jakarta yang peduli dengan kesehatan dan lingkungannya dalam hubungan sosialisasi mereka.


B. Treatment

Program televisi berdurasi 5 menit ini akan dibuat dalam suasana yang ceria. Berlokasi di The Only One Club Fx Senayan Jakarta. Visual akan dibuat dengan editing cut to cut dengan kondisi anak muda yang sedang menikmati musik yang dimainkan oleh disc jockey didasari latar belakang musik yang menghentak dan berbeda-beda jenis musiknya seperti house, trance, dan hip hop. Host acara terlibat dalam keriuhan suasana kesenangan anak muda di club tersebut.





C. PRODUCTION METHOD

Produksi ini dilakukan di The Only One Club Fx Senayan Jakarta (indoor) dengan menggunakan satu video kamera.

D. SCRIPT
Bumper in acara “Healthy Lifestyle” di awal rekaman. Host Deyce Mopangga menyambut pemirsa dengan slogan “still gaul and keep healthy” di depan pintu masuk The Only Once Club dengan latar belakang logo dari klub tersebut. Terlihat para pengunjung saling berdansa menikmati musik disco. Suasana klub riuh dari para pengunjung. Host acara mewawancarai MC di acara tersebut yaitu Daniel C. Ramaun. Wawancara mengenai antusias pengunjung yang menghandiri acara di klub tersebut. Scene terlihat kembali host berbaur dengan pengunjung dan saling berdansa ria menikmati musik . Host kembali mewawancarai salah satu pengunjung bernama Arlene Simatupang. Menanyakan bagaimana pendapat mengenai acara dan suasana di The Only One Club. Scene berikutnya kembali menayangkan riuhnya pengunjung yang berdansa ria sambil menunjukkan kehebatannya dalam berdansa untuk menarik perhatian. Host mengakhiri acara dengan pesan tetep gaul di gaya hidup yang sehat dengan slogan “still gaul and keep healthy”.






COMMITE
Producer : Deyce Mopangga.
Bertanggung jawab atas jalannya acara, menentukan tema yang akan ditampilkan. Mengkoordinir anggota commite pelaksana acara. Bekerjasama dengan The Only One Club
Director : Dinda
Bertanggung jawab pada tugas masing –masing commite pelaksana di lapangan. Bekerjasama dengan responden di acara “The Healthy Lifestyle”
Script Writer : Jeidy
Membuat rencana proses jalannya acara
Camera Person : Nadya
Bertanggung jawab dalam penggunaan kamera untuk shooting di acara “The Healthy Lifestyle”
Editor : Agni
Mengedit hasil rekaman agar terlihat bagus.
Sistem Produksi

Lokasi : di The Only One Club FX, Senayan . Jakarta
Waktu: Waktu yang akan digunakan untuk shooting adalah hari Sabtu , Tanggal
Produksi : Deyce Mopangga
Kameramen : Nadya
Host acara :Deyce Mopangga
Field Director :Dinda
Editor : Agni Proborini
Script Writer : Jeidy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar